Profil BEM IPMAFA


Badan Eksekutif Mahasiswa Institut Pesantren Mathali’ul Falah atau BEM IPMAFA adalah organisasi intra-kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah. Lembaga eksekutif mahasiswa ini berdiri dan diresmikan pada tahun 2010 (atau periode ke-tiga dari berdirinya kampus STAIMAFA) dengan nama BEM STAIMAFA, menggantikan organisasi kemahasiswaan sebelumnya yang masih menggunakan istilah HIMA atau Himpunan Mahasiswa.

Setelah 7 tahun berdiri, pada tahun 2015 kampus beralih status menjadi IPMAFA. Pasca alih status ini, pada periode 2016-2017 penamaan organisasi mengalami perubahan. Dari yang semula bernama BEM STAIMAFA beralih menjadi BEM IPMAFA. Pun demikian dengan format struktur organisasi, dari yang semula langsung membawahi organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan dengan istilah BEM-Pro (PMI, PS, PBA dan PGRA), pada periode ini BEM IPMAFA mulai membawahi Badan Eksekutif Mahasiswa di tingkat Fakultas atau BEM Fakultas serta menggunakan istilah HMPS atau Himpunan Mahasiswa Program Studi sebagai ganti dari BEM-Pro. Tidak hanya itu, dari yang semula membawahi 4 organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan (HMPS), kini membawahi 5 HMPS, dengan 1 HMPS baru yakni HMPS Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyyah (HMPS PGMI). Hal ini sebagai bentuk dari dinamisasi organisasi, seiring semakin meningkatnya kebutuhan mahasiswa dalam berorganisasi.

Pada periode awal setelah peralihan status, BEM IPMAFA dipimpin oleh Ahmad Nuruddin sebagai presiden, dibantu oleh Wk. Presiden, Sekretaris, Bendahara dan 4 Kementerian, yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Riset dan Intelektual dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. 
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment