Wujudkan Persatuan Melalui Bhinneka Tunggal Ika


Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Pesantren Mathali’ul Falah kembali mengadakan seminar pendidikan yang kali ini mengangkat tema “Mewujudkan Kebhinekaan dalam rangka Persatuan dan Kesatuan Bangsa untuk Menghadapi ancaman global”. (19/11/2016). Seminar terlaksana dari hasil kerja sama dengan Kodim Kabupaten Pati dengan mendatangkan narasumber dari Kodim Kabupaten Pati Andri Amijaya Kusumah S.Sos.

Tujuan diadakannya acara ini untuk mengedukasi mahasiswa agar tidak terjerumus dalam langkah dan gerakan yang negatif, seperti terorisme dan tindakan-tindakan yang dapat meresahkan masyarakat.

Acara dimulai dari jam 09.00 ini dengan sambutan Wakil Rektor 1 IPMAFA Ahmad Dimyati yang menyampaikan beberapa isu kekinian yang saat ini menjadi konsumsi publik. Disampaikan bahwa banyak isu atau kabar beredar yang menjadikan masyarakat tidak dapat memilah dengan cermat mana berita yang benar terjadi dan mana berita yang harusnya diabaikan.

Masyarakat harus tahu betul identitas kebangsaan Indonesia agar masyarakat terbebas dari berita yang tidak seharusnya menjadi konsumsi publik.” Jelasnya.

Selain itu, Dimyati juga menegaskan saat ini Indonesia sedang mengalami “Gawat Politik” yang disebabkan oleh banyaknya pertikaian politik di pusat. Media saat ini seharusnya juga harus cermat tentang mana berita yang layak dipublikasikan kepada masyarakat, berita yang tidak menjatuhkan pamor Indonesia di muka umum. Hal itu agar Indonesia tetap menjadi bangsa dengan kesatuan yang utuh dalam bingkai Kebhinekaan.

Selanjutnya paparan Kodim Kabupaten Pati Andri Amijaya Kusumah mengulas mengenai banyak hal meliputi potensi sumber daya global dan ancamanya, krisis pangan, konflik kelautan dengan Tiongkok, ancaman terorisme, narkoba dan persaingan ekonomi.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mengalami perkembangan pesat dan luar biasa selama enam tahun terakhir, tetapi terlepas dari itu semua negara belum mampu memfasilitasi lebih banyak masyarakatnya. Dan itu menjadi PR bagi pemerintah dan masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan bangsa menuju kehidupan yang lebih baik." jelasnya.


Di akhir ulasan Ia menambahkan lagi bahwa untuk menunujukkan kebhinekaan semua orang harus bergerak dan meningkatkan kesadaran mengenai kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia
SHARE

IPMAFA

Institut Pesantren Mathali'ul Falah Pati

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment